Masalah-masalah di Perkebunan Kelapa Sawit

Apakah masalah-masalah yang terjadi di perkebunan kelapa sawit? Faktanya berbisnis kelapa sawit itu tidak melulu soal keuntungan besar yang bakal Anda dapatkan. Ada banyak masalah yang bakal dihadapi apabila Anda terjun di dalam sektor perkebunan tanaman ini. Bahkan di sepanjang kurun waktu lima tahun terakhir, tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha budidaya kelapa sawit pun semakin kompleks.
Memang benar kalau setiap sektor bisnis pasti ada kendalanya. Begitu pula dengan bisnis kelapa sawit ini, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pokok persoalan. Dari mulai tanaman itu sendiri, proses pengolahan, dampak sosial, sampai hukum. Namun kendala ini sebaiknya tidak dijadikan sebagai hambatan bagi Anda untuk terus mengembangkan kelapa sawit. Kendala tersebut merupakan tantangan yang harus diatasi.
masalah-perkebunan-kelapa-sawit.jpg
Paling tidak ada 8 masalah utama perkebunan kelapa sawit yang terpenting, antara lain :
  1. Kepastian hukum tentang lahan atau tata ruang perkebunan kelapa sawit masih menjadi kendala utama. Masih banyak masalah tumpang tindih lahan yang belum terselesaikan hingga kini. Bahkan penetapan RT/RW baru di beberapa provinsi telah mengakibatkan pengurangan lahan karena terindikasi masuk dalam kawasan hutan.
  2. Wacana Pemerintah Indonesia untuk memoratorium penanaman kelapa sawit menjadi ancaman tersendiri. Dampaknya adalah perkembangan industri minyak kelapa sawit di dalam negeri menjadi sulit bergerak.
  3. Industri kelapa sawit masih belum memperoleh dampak yang signifikan dari program deregulasi sebab belum ada program untuk industri kelapa sawit secara konkret. Faktanya pemerintah sendiri telah melakukan deregulasi beberapa aturan tentang kelapa sawit, yang di sisi lain justru dapat menghambat perkembangan industri ini.
  4. Peraturan daerah (Perda) yang bersifat kontraproduktif di beberapa daerah-daerah yang sering menjadi wilayah perkebunan kelapa sawit masih bermunculan. Adanya Perda tersebut kadang-kadang tidak jelas dan saling bertolakbelakang dengan Perda yang lainnya.
  5. Kampanye negatif tentang kelapa sawit semakin gencar dilakukan, baik di dalam maupun luar negeri. Kampanye tersebut umumnya terkait tentang isu-isu negatif kandungan nutrisi di dalam minyak sawit dan dampaknya bagi kesehatan. Bahkan sekarang kampanye mulai diarahkan tentang isu-isu perampasan hak masyarakat adat.
  6. Kasus kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit masih menjadi ancaman yang serius sebab dampaknya sangat luas hingga mempengaruhi negara lain. Masalah ini kini dikategorikan sebagai tindakan pidana, di mana pelakunya dapat diproses secara hukum. Padahal sebenarnya kasus kebakaran hutan pun dapat terjadi secara alami.
  7. Ketidakpastian status hukum terhadap lahan perkebunan kelapa sawit yang memiliki sertifikati HGU (Hak Guna Usaha). Bahkan masalah ini menjadi kekhawatiran petani yang paling besar.
  8. Isu hambatan dagang yang bermunculan di berbagai negara yang memberlakukan antidumping terhadap biodiesel yang diproduksi oleh Indonesia. Munculnya pelarangan biodiesel berbasis kelapa sawit ini umumnya dikarenakan industri kelapa sawit dinilai menciptakan banyak masalah.

0 Response to "Masalah-masalah di Perkebunan Kelapa Sawit"

Posting Komentar