10 Manfaat Pupuk Kiserit untuk Kelapa Sawit

Apakah manfaat pupuk kiserit untuk kelapa sawit? Kelapa sawit adalah tanaman palma yang menjadi komoditi andalan Negara Indonesia di sektor perkebunan. Permintaan pasar akan minyak kelapa sawit terus mengalami peningkatan. Hal ini mendorong petani untuk terus berupaya membudidayakannya. Perkebunan kelapa sawit ini juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan pendapatan masyarakat.
Tahukah Anda, minyak kelapa sawit tidak hanya dapat diolah menjadi minyak goreng saja, tetapi minyak ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, kosmetik, dan minyak bio-diesel. Penyediaan bibit yang baik dan sehat selama dalam proses pembibitan awal (pre nursery) dan pembibitan utama (main nursery) berpengaruh besar pada pertumbuhan tanaman di lahan. Guna mewujudkannya, bibit harus mendapatkan pupuk secara tepat.
manfaat-pupuk-kiserit-sawit.jpg
Tanaman kelapa sawit perlu mendapatkan unsur magnesium melalui pemberian kiserit yang mengandung MgSO4.H2O. Fungsi dari unsur magnesium yang terdapat di dalam pupuk kiserit ini adalah membantu proses pembentukan klorofil, karbohidrat, lemak, dan minyak. Selain itu, unsur tersebut juga berperang penting dalam mendukung proses transportasi phosphat di dalam tanaman. Pupuk kiserit boleh diberikan bersama dengan pupuk lainnya.
Pupuk kiserit adalah pupuk yang memiliki kandungan unsur magnesium tinggi. Pupuk ini dibuat dari bahan magnesit (MgCO3) dan brucit (Mg(OH)2). Sehingga pupuk kiserit dapat dituliskan dengan rumus kimia yaitu MgSO4.H2O dibaca magnesium sulfat omo. Wujud pupuk ini berupa bubuk berwarna putih keabu-abuan. Pupuk ini bersifat larut di dalam air. Kandungan yang ada di dalamnya terdiri dari MgO 29%, S 23%, dan zat pembawa (carrier) 48%. Kandungan sulfur di dalam pupuk kiserit membuatnya tidak terlalu efektif bila dipakai untuk pengapuran tanah.
Tanaman kelapa sawit membutuhkan unsur magnesium untuk mendukung kehidupannya. Manfaat dari unsur ini ialah membantu pembentukan klorofil. Di samping itu, magnesium juga berfungsi sebagai co-factor pada enzim di dalam proses metabolisme. Hal ini mencakup proses pembentukan sel, protein pati, transfer energi, distribusi karbohidrat ke seluruh jaringan tanaman, dan mentransportasikan unsur phosphor di dalam tanaman.
Pupuk kiserit tergolong sebagai pupuk tunggal yang memiliki manfaat utama untuk membantu memperbaiki sifat-sifat fisik dan kimia tanah. Kandungan magnesium di dalamnya mampu menetralisir tingkat keasaman (pH) tanah dan kapasitas tukar kation. Di bawah ini manfaat-manfaat dari pupuk kiserit khususnya untuk kelapa sawit!
  1. Meningkatkan tingkat keasaman (pH) tanah
  2. Memperbaiki struktur tanah yang rusak akibat pemberian pupuk kimia
  3. Menghasilkan zat hijau daun (klorofil) dengan lebih sempurna
  4. Meminimalisir racun akibat kandungan Al dan Fe yang tinggi pada tanah
  5. Meningkatkan hasil panen kelapa sawit secara kuantitas
  6. Menaikkan kualitas hasil panen tanaman kelapa sawit
  7. Meningkatkan kadar rendeman TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit
  8. Menjaga ketersediaan unsur phosphat di dalam tanah
  9. Memacu pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan awal
  10. Membantu pembentukan karbohidrat dan lemak pada tanaman

0 Response to "10 Manfaat Pupuk Kiserit untuk Kelapa Sawit"

Posting Komentar