Manfaat Borax Pada Tanaman Kelapa Sawit

Apakah manfaat borax pada tanaman kelapa sawit? Tahukah Anda, borax umum digunakan pada perkebunan organik untuk mengendalikan pertumbuhan rumput-rumput liar. Campuran antara borax dan air dengan takaran tertentu terbukti sangat efektif dipakai untuk memberantas gulma. Borax sendiri merupakan kristal lunak yang memiliki kandungan unsur boron yang tinggi. Setiap tanaman membutuhkan boron dalam jumlah yang cukup agar bisa menumbuhkan bunga, melakukan penyerbukan, dan menghasilkan buah.

Pada penggunaan di tingkat yang rendah, borax bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Sebaliknya dalam konsentrasi yang sangat tinggi, borax bersifat toksin sehingga dapat dijadikan herbisida nonselektif. Sayangnya efek yang ditimbulkan oleh borax ini kuat sekali. Jika tidak berhati-hati dalam mengaplikasikannya, tanaman budidaya pun dapat menjadi korban. Faktor inilah yang sering membuat petani ragu-ragu dalam menggunakan borax. Sebelum digunakan, seperempat gelas biasanya dicairkan terlebih dahulu dengan segalon air bersih.

borax-pada-kelapa-sawit.jpg

Anda harus tahu kalau di pasaran ada dua jenis borax yaitu borax organik dan borax nonorganik. Borax organik diperoleh melalui penambangan di endapan. Tambang borax banyak terdapat di Turki, California, Tibet, dan Chili. Berbeda dengan borax nonorganik yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Walaupun asal-usulnya berbeda, tetapi karakteristik dan dampaknya sama persis. Namun Anda wajib menggunakan borax organik untuk lahan pertanian yang bersifat organik.

Beberapa kegunaan borax untuk tanaman antara lain :

  1. Meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman serta produktivitasnya.
  2. Memaksimalkan populasi dan aktivitas mikroorganisme yang ada di dalam tanah.
  3. Menjaga kondisi tanah, air permukaan, dan air tanah dari kontaminasi zat-zat berbahaya.
  4. Menyediakan unsur boron yang dibutuhkan oleh tanaman. Borax mengandung B2O3 sekitar 47%.

Borax tidak hanya digunakan untuk pertanian saja, tetapi beberapa industri lain pun telah memakainya. Penggunaan paling umum borax ialah pada pembuatan produk pembersih, kertas, cat, baja, kaca, dan keramik. Tingkat kekerasan senyawa ini juga hampir menyerupai berlian sehingga sering dipakai dalam proses pembuatan berlian. Boron merupakan insulator yang sangat baik. Bahkan kini boron biasa digunakan sebagai penyerap kontrol dalam reaktor nuklir karena memiliki daya serap neutron yang tinggi.

Berikut ini dosis anjuran pemupukan memakai borax pada beberapa tanaman!

  • Kelapa sawit : 10-15 kg/ha
  • Palawija : 5-8 kg/ha
  • Tomat : 8-10 kg/ha
  • Jagung : 4-6 kg/ha
  • Kapas : 8-10 kg/ha
  • Padi : 5-8 kg/ha
  • Tembakau : 4-5 kg/ha
  • Kakao : 10-15 kg/ha
  • Cabai : 8-10 kg/ha
  • Kacangan : 5-8 kg/ha
  • Tanaman bunga : 5-8 kg/ha
  • Tanaman sayuran : 1-5 kg/ha
  • Tanaman buah : 5-8 kg/ha

Unsur boron yang terkandung di dalam boron sangat diperlukan oleh tanaman untuk mendukung kehidupannya. Tanaman yang kekurangan boron akan menjadi tidak normal. Batangnya kaku, daunnya menguning dan mengeriting, buah dan umbinya membusuk, serta kondisinya rapuh. Bahkan pada kondisi yang sangat parah, tanaman akan gagal dalam menghasilkan buah. Selain itu, pertumbuhan pucuk tanaman dan ujung akar pun akan terhambat.

0 Response to "Manfaat Borax Pada Tanaman Kelapa Sawit"

Posting Komentar