5 Keunggulan Benih Kelapa Sawit Klon Marihat

Apakah keunggulan benih kelapa sawit klon marihat? Anda juga mengaku tertarik untuk membudidayakan kelapa sawit di lahan yang dimiliki. Tenang, tidak ada kata terlambat untuk mengawali sebuah usaha. Sebagai tips agar budidaya kelapa sawit yang akan Anda rintis berhasil dengan baik, pakailah benih yang berkualitas unggul. Benih yang unggul mempunyai sifat dan karakteristik yang jelas. Jangan gunakan uang Anda untuk berinvestasi kepada benih-benih liar yang kualitasnya sama sekali tidak diketahui.

Salah satu varietas kelapa sawit yang sudah terbukti mempunyai mutu yang bagus adalah klon marihat. Anda bisa membeli kecambah kelapa sawit marihat di www.tokotanaman.com dengan keaslian yang benar-benar terjamin. Marihat klon (MK) merupakan bahan tanaman unggul produksi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) yang didapatkan dari hasil kultur jaringan. Penelitiannya sendiri sudah dimulai sejak 1985. Kini kelapa sawit marihat telah banyak ditanam di berbagai wilayah di Indonesia dengan kondisi lahan yang beragam.

keunggulan-kelapa-sawit-marihat.jpg

Klon marihat mempunyai sifat-sifat baik yang membuatnya layak dikatakan sebagai varietas kelapa sawit unggulan. Tidak hanya sebatas pada kualitas dan kuantitas produksinya, ada sejumlah keunggulan lain yang dimiliki oleh kecambah D X P marihat ini. Di antaranya yaitu :

  1. Pertumbuhan Seragam di Lapangan

Anda membutuhkan benih kelapa sawit yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang seragam supaya perawatannya lebih efektif dan efisien dikerjakan. Anda bisa melakukan pemupukan, pemangkasan, dan pekerjaan lain dalam waktu yang bersamaan apabila tanaman tumbuh dengan seragam. Sedangkan jika pertumbuhan tanaman berbeda-beda, maka Anda sendiri yang akan mengalami kerepotan. Misalnya dalam hal pemupukan, ada tanaman yang sudah harus diberi pupuk dan ada pula tanaman yang belum boleh dipupuk.

  1. Potensi Produktivitas Lebih Tinggi

Kelapa sawit klon marihat mempunyai potensi produktivitas yang lebih tinggi daripada klon lain pada umur yang sama. Bahkan selisihnya sendiri mencapai sekitar 20-30 persen. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pemilik lahan perkebunan. Anda bisa memperoleh buah kelapa sawit dalam jumlah yang lebih banyak. Artinya keuntungan yang lebih besar pun sudah menanti di depan mata.

  1. Tahan Terhadap Hama dan Penyakit

Semua tanaman budidaya pasti berisiko diserang oleh hama dan penyakit hingga menyebabkan pertumbuhannya tidak normal, tanaman berhenti berproduksi, sampai tanaman tersebut mati. Tidak terkecuali pula pada tanaman kelapa sawit. Di samping melakukan pengendalian terhadap hama dan penyakit yang menyerang kelapa sawit, Anda harus mengupayakan agar kelapa sawit tersebut memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Sifat ini bisa Anda dapatkan di klon marihat.

  1. Dapat Menghasilkan Lebih Cepat

Dalam pemeliharaan pohon kelapa sawit dikenal dua fase yaitu tanaman belum menghasilkan serta tanaman menghasilkan. Maksud istilah menghasilkan di sini adalah tanaman memproduksi buah kelapa sawit. Semakin cepat tanaman berproduksi, semakin cepat pula Anda mendapatkan hasil dari berkebun kelapa sawit. Berdasarkan pengalaman dari para petani yang telah menggunakannya, klon marihat mampu berproduksi lebih cepat dibandingkan dengan tanaman kelapa sawit lain.

  1. Perawatan dan Pemeliharaan Mudah

Kelapa sawit marihat mempunyai sifat-sifat unggul yang sudah kami jabarkan di atas. Berkat keunggulannya tersebut, perawatan da pemeliharaan kelapa sawit jenis ini terbilang mudah dilaksanakan. Setidaknya Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus yang biasanya merepotkan terhadap klon ini. Cukup rawat dan pelihara tanaman kelapa sawit ini sebagai mana kelapa-kelapa sawit pada umumnya.

0 Response to "5 Keunggulan Benih Kelapa Sawit Klon Marihat"

Posting Komentar