Cara Mematikan Pohon Bambu yang Ampuh

Bagaimana cara mematikan pohon bambu yang ampuh? Jika tidak dikendalikan dengan benar, pohon bambu bisa menjadi gulma yang serius bagi tanaman kelapa sawit. Pasalnya pohon bambu dapat berkembang biak dengan cepat melalui rimpang, tingkat populasinya pun tinggi, dan tanaman ini mampu mengambil unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon sawit secara cepat. Keberadaan pohon bambu juga dapat mengganggu pekerja perkebunan karena bulu halusnya bisa menyebabkan iritasi kulit.

Teknik pengendalian pohon bambu secara manual menggunakan alat-alat potong dan dongkel sejauh ini terbilang cukup ampuh. Batang-batang bambu yang telah ditebang pun dapat dijual ke pengepul. Namun untuk perkebunan dalam skala besar, metode ini dirasakan kurang efektif dan efisien karena menghabiskan waktu yang lama, jumlah tenaga kerja yang banyak, dan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai alternatifnya, perkebunan kelapa sawit modern biasanya mengandalkan herbisida. Herbisida dinilai cukup efektif dan efisien dalam mengurangi populasi pohon bambu yang tumbuh di area perkebunan. Pada penerapannya, pemakaian herbisida harus memperhatikan faktor-faktor yang meliputi pemilihan herbisida, tata cara pemberian, dan dosis yang sesuai.

cara-mematikan-pohon-bambu.jpg

Setidaknya, terdapat 3 metode yang biasa diaplikasikan untuk mematikan pohon bambu di perkebunan kelapa sawit yaitu :

Metode 1 : Cara Mekanis

Pengendalian pohon bambu secara mekanis dilaksanakan dengan mencabut/mendongkel pohon bambu menggunakan peralatan tertentu. Alat berat yang biasa dipakai umumnya berjenis excavator. Setiap rumpun bambu didongkel menggunakan excavator, lalu balikkan posisi batangnya ke arah bawah sehingga pohon tersebut akan mati dan tidak dapat tumbuh lagi. Lama-kelamaan pohon tersebut akan mengalami pelapukan sehingga menyuburkan tanah di sekitarnya. Oleh karena itu, metode ini akan menjadi efektif dan efisien manakala dikerjakan dalam waktu yang bersamaan dengan proses stacking lahan kelapa sawit.

Metode 2 : Cara Biologis

Metode biologis merupakan teknik pengendalian gulma yang dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Tahukah Anda, pohon bambu ternyata bisa dibuat membusuk menggunakan ampas kelapa. Caranya adalah tebang seluruh pohon bambu tersebut hingga tersisa bagian pangkal batangnya saja. Kemudian taburkan ampas kelapa di atas pangkal batang bambu tadi. Tinggal menunggu waktu saja, niscaya seluruh rumpun bambu ini akan membusuk dengan sendirinya.

Metode 3 : Cara Kimiawi

Secara kimiawi, Anda bisa mematikan pohon bambu menggunakan herbisida. Namun supaya cairan herbisida ini cepat terserap ke dalam pohon, potonglah batang bambu terlebih dahulu dengan menyisakan bagian pangkalnya setinggi kira-kira 30 cm. Kemudian bersihkan lingkungan di dalam rumpun bambu tersebut dari sampah-sampah yang dapat menghalangi herbisida. Siramkan herbisida dengan konsentrasi 15-20 persen pada rumpun bambu tersebut, termasuk bagian batang dan anakan bambu.

Alternatif lainnya yakni Anda bisa memakai starlon 665 ec dan nuquat 276 sl. Gunakan dosis campuran 30 ml starlon dan 40 ml nuquat per 15 liter air. Sebelum penerapan herbisida ini, lakukan pemangkasan secukupnya hingga rumpun bambu yang tersisa kini memiliki ketinggian 50-100 cm. Cara mengaplikasikan herbisida ini ialah dengan menyemprotkannya secara merata ke seluruh bagian rumpun. Lakukan penyemprotan susulan dalam waktu 1,5 bulan kemudian apabila rumpun bambu tersebut masih mampu menumbuhkan tunas tanaman yang baru.

0 Response to "Cara Mematikan Pohon Bambu yang Ampuh"

Posting Komentar