3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit

Apakah manfaat sabut kelapa sawit? Sabut merupakah limbah yang dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit. Wujud sabut berupa kulit yang berserat. Jika tidak diolah dengan benar, sabut ini akan semakin menggunung dan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Oleh sebab itu, sabut kelapa sawit perlu diolah sedemikian rupa agar mempunyai nilai jual yang tinggi.

Bagi Anda yang terbiasa dengan kondisi di dalam industri kelapa sawit, Anda mungkin sudah mengetahui kalau sabut bisa diolah menjadi kerajinan tangan, keset lantai, dan briket. Beberapa petani bahkan telah mampu mengolahnya menjadi pupuk cair yang berguna untuk menyuburkan lahan. Namun ternyata, sabut kelapa sawit ini mempunyai manfaat yang luas di berbagai sektor kehidupan.

manfaat-sabut-kelapa-sawit.jpg

Pertanian

Sabut yang dihasilkan oleh buah kelapa sawit ternyata mengandung berbagai unsur hara yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Unsur-unsur yang terdapat pada sabut sawit di antaranya kalium, fosfor, kalsium, magnesium, natrium, dan mineral lain. Kemampuannya dalam menyerap dan menyimpan air juga dapat dipakai untuk menjaga tingkat kelembaban lahan.

Berikut ini manfaat-manfaat sabut kelapa sawit untuk pertanian :

  1. Sumber unsur hara organik terutama kalium
  2. Dapat diolah menjadi pupuk organik cair dan padat
  3. Campuran media tanam
  4. Menetralkan tingkat keasaman (pH) tanah
  5. Menjaga kondisi kelembaban lahan

Kerajinan

Sabut dari kelapa sawit pun dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang menarik. Bahkan kerajinan yang dibuat dari sabut ini memiliki nilai keindahan tersendiri yang tidak bisa ditemukan pada kerajinan dari bahan yang lain. Keunikan kerajinan dari sabut biasanya ditimbulkan oleh kesan alaminya yang begitu kuat dan pola anyaman yang menciptakan kesan begitu kuat.

Beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat dari sabut kelapa sawit antara lain :

  1. Miniatur
  2. Vas bunga
  3. Tempat buku
  4. Pigura
  5. Dompet
  6. Tas
  7. Aksesori
  8. Karpet
  9. Kasur
  10. Sapu

Kesehatan

Di bidang kesehatan, sabut kelapa sawit dapat digunakan untuk membersihkan dan menjernihkan air sumur. Caranya yaitu susunlah lembaran-lembaran sabut kelapa sawit hingga membentuk lingkaran dengan diameter sama seperti diameter sumur tersebut dan ketebalannya sekitar 5-10 cm. Buatlah 3-5 lingkaran sabut kelapa sawit sekaligus. Masukkan lingkaran-lingkaran sabut kelapa sawit ini ke dalam sumur hingga mencapai bagian dasarnya. Tunggu selama 3-5 hari. Niscaya air sumur di rumah Anda pun menjadi lebih bersih dan warnanya jernih.

0 Response to "3 Manfaat Utama Sabut Kelapa Sawit"

Posting Komentar