Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit

Bagaimana proses persiapan panen kelapa sawit dilaksanakan? Waktu panen adalah saat yang paling ditunggu-tunggu selama kita membudidayakan tanaman kelapa sawit. Pada masa ini, penanganannya harus dilakukan dengan benar serta menekan kesalahan panen semaksimal mungkin. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mempersiapkan panen tersebut agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

persiapanan-panen-kelapa-sawit.jpg

Ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam menyiapkan proses pemanenan kelapa sawit. Di antaranya yaitu penetapan seksi panen, penetapan luas hancak kerja kemandoran, penetapan luas hancak kerja pemanen, dan penyediaan alat penen. Selanjutnya penetapan luas hancak ini akan berpengaruh pada penetapan kebutuhan tenaga kerja dan ala-alat panen.

Sebelum proses pemanenan TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit dimulai, para pekerja juga perlu melakukan kegiatan pemotongan TBS yang tidak layak setiap hari. Begitu pula dengan mandor panen yang juga harus melakukan persiapan-persiapan awal seperti mengabsen tenaga pemanen, mengecek kelengkapan peralatan, dan menyiapkan media transportasi untuk keperluan pengangkutan. Yang tidak kalah penting adalah penyesuaian antara kebutuhan tenaga kerja dan taksasi panen harian dalam rangka memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia.

Seksi Panen

Seksi panen merupakan pengelompokkan area panen menjadi blok-blok tertentu sebagai area kerja. Nantinya area kerja yang berisi tanaman-tanaman kelapa sawit yang menghasilkan tersebut harus diselesaikan oleh tenaga pemanen setiap hari. Di dalam setiap afdeling biasanya terdapat enam seksi panen yang penetapannya dilakukan berdasarkan rumus-rumus berikut ini :

  • Luas area produksi per seksi per rotasi panen (ha/seksi/rotasi)
  • Luas awal rata-rata per seksi : luas satu afdeling per enam seksi = a (ha)
  • Luas rata-rata per 5 jam kerja : (5 jam/7 jam) x a (ha) = b (ha)
  • Koefisien panambah luas are : ((a-b)/6) = c (ha)
  • Luas rata-rata seksi panen hari biasa : a (ha) + c (ha) = d (ha)
  • Luas rata-rata seksi panen hari Jumat : b (ha) + c (ha) = e (ha)

Semoga bermanfaat!

0 Response to "Secuil Proses Persiapan Panen Kelapa Sawit"

Posting Komentar