Ini Perbedaan Minyak Kelapa dan Minyak Sawit

Apakah perbedaan minyak kelapa dan minyak sawit? Minyak tropis seperti minyak kelapa dan minyak sawit sama-sama berasal dari tumbuh-tumbuhan dalam famili Arecaceae. Tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam hal kandungan nutrisinya.

Minyak sawit terbuat dari bagian inti buah segar dari tanaman kelapa sawit (Elaeis Guineensis) yang diproses sedemikian rupa. Rata-rata produksi minyak sawit dunia mencapai 4,7 juta ton per tahun. Sedangkan minyak kelapa terbuat dari daging buah asal tanaman kelapa (Cocos nucifera) yang dikeringkan, atau biasa disebut kopra, kemudian diproses menggunakan metode tertentu. Minyak kelapa seringkali dibuat pula menjadi margarin dan butter.

perbedaan-minyak-kelapa-sawit.jpg

Saat ini, Filipina merupakan negara penghasil minyak kelapa terbanyak di dunia. Sementara itu, pada tahun 1995, Malaysia pernah menjadi negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar karena mampu memproduksi 51% dari total produksi dunia. Namun sejak tahun 2007, Indonesia yang meraih gelar ini sebab mampu menguasai lebih dari 50% volume minyak sawit dunia.

Kandungan Kalori

Karena mengandung lemak yang cukup banyak, baik minyak kelapa maupun minyak sawit mempunyai kandungan energi yang tinggi. Tercatat 1 sdm minyak sawit menyimpan 120 kalori, sedangkan 1 sdm minyak kelapa memiliki 117 kalori. Dalam takaran yang sama, keduanya juga mempunyai kandungan lemak nabati sebanyak 13,6 gram. Sayangnya, karbohidrat dan protein yang tersimpan di dalam minyak-minyak ini sangatlah minim.

Kandungan Lemak

Kandungan lemak yang ada di minyak tropis termasuk tinggi. NYU Langone Medical Center memperkirakan bahwa minyak kelapa mengandung 90% lemak jenuh. Sementara itu, minyak sawit memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh dengan rasio 1:1. Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan bagi kita untuk mengkonsumsi lemak jenuh seminim mungkin karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi dan berisiko mengakibatkan penyakit kardiovaskuler.

0 Response to "Ini Perbedaan Minyak Kelapa dan Minyak Sawit"

Posting Komentar