Cara Menghitung Angka Kerapatan Panen Kelapa Sawit

Angka kerapatan panen (AKP) kelapa sawit disebut dengan istilah tasaksi produksi. Ini merupakan suatu perkiraan terhadap kapasitas produksi yang mungkin dihasilkan oleh tanaman-tanaman kelapa sawit yang dibudidayakan. Biasanya, pekerjaan ini dilaksanakan saat hendak menaksir produksi 6 bulan, 3 bulan, dan 1 bulan yang akan datang atau 1 hari sebelum proses pemanenan buah kelapa sawit dilakukan.

Tujuan tasaksi panen kelapa sawit ialah memprediksi angka kerapatan panen (AKP), mengatur dan menghitung kebutuhan tenaga kerja, serta menyediakan sarana transportasi atau aksesibilitas untuk mengangkut hasil panen.

angka-kerapatan-panen-sawit.jpg

Pada umumnya, pekerjaan tasaksi panen ini dikerjakan sebanyak dua kali setahun yakni pada bulan Juni dan Desember. Hanya tanaman-tanaman sawit yang mempunyai usia seragam saja yang akan diperkirakan produksinya. Penghitungannya sendiri ditujukan pada sample yang diambil sebanyak 5 persen dari total populasi tanaman. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kerapatan panen antara lain iklim, panjang rotasi panen, serta topografi lahan tersebut.

Tasaksi Panen Semesteran dan Harian

Tasaksi panen bisa dilaksanakan dalam tempo semesteran maupun harian. Tasaksi semesteran dilakukan untuk memperkirakan produktivitas tanaman selama 6 bulan ke depan sehingga kita bisa menentukan jumlah kebutuhan anggaran untuk para pekerja di setiap divisi. Sedangkan tasaksi harian dilaksanakan untuk meramalkan produksi TBS yang bakal didapatkan pada keesokan harinya. Sehingga kita bisa menghitung jumlah tenaga pemanen dan alat transportasi yang dibutuhkan nantinya. Ciri-ciri buah yang layak panen besok adalah jumlah brondolan yang berada di piringan sebanyak 5 brondolan.

Penghitungan prosentase AKP dapat dilakukan dengan mengambil sample tanaman kelapa sawit sejumlah 100 pohon dari area yang akan dipanen di keesokan harinya. Adapun rumus yang bisa diaplikasikan untuk menghitung prosentase angka kerapatan panen kelapa sawit yaitu :

AKP = JTM/JTS x 100%

Keterangan :

AKP = Angka Kerapatan Panen
JTM = Jumlah Tandan Matang
JTS = Jumlah Tanaman Sample

0 Response to "Cara Menghitung Angka Kerapatan Panen Kelapa Sawit"

Posting Komentar