5 Jenis Gulma yang Mengganggu Kelapa Sawit

Segala macam tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak diharapkan dan bisa mengganggu pertumbuhan hidup tanaman utama disebut gulma. Gulma umumnya dapat menjadi pesaing yang ganas bagi tanaman budidaya seperti kelapa sawit untuk memperoleh nutrisi, air, cahaya matahari, dan ruang tumbuh. Bahkan tak jarang beberapa gulma juga mampu mengeluarkan zat racun yang berbahaya bagi pertumbuhan tanaman-tanaman di sekitarnya.

gulma-kelapa-sawit.jpg

Terdapat beberapa tanaman yang dikenal sebagai gulma pada kelapa sawit, antara lain :

1. Alang-alang

Alang-alang (Imperata cylindrica) adalah rumput yang memiliki daun yang cukup tajam. Perkembangbiakan alang-alang berlangsung sangat cepat, baik melalui benih yang terbawa angin maupun rimpang yang menembus tanah. Tanaman ini senang hidup di tanah yang subur, gembur, dan lembab. Alang-alang dapat mudah dijumpai di tanah kosong, ladang, sawah, lapangan, dan jalan.

2. Putri Malu

Putri malu (Mimosa pudica) adalah perdu yang memiliki postur tubuh pendek. Putri malu termasuk keluarga polong-polongan. Kekhasan yang dimiliki oleh tanaman ini yaitu daunnya akan menutup cepat bila terkena sentuhan. Namun beberapa menit kemudian daun tersebut bakal membuka kembali seperti semula.

3. Teki Ladang

Teki ladang (Cyperus rotundus) adalah tanaman gulma yang tergolong famili Cyperaceae. Teki merupakan gulma yang paling sulit dikendalikan. Hal ini karena tumbuhan ini mampu membentuk umbi dan geragih yang disimpan di kedalaman satu meter. Bahkan teki dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tandus sampai basah.

4. Bandotan

Bandotan/wedusan (Ageratum conyzoides) ialah tanaman gulma yang termasuk anggota dari keluarga Asteraceae. Disebut bandotan/wedusan karena tanaman ini mampu mengeluarkan bau yang apek menyerupai kambing. Bandotan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, tetapi sudah cukup lama menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

5. Tembelekan

Tembelekan (Lantana camara) adalah tanaman berbunga yang berasal dari Benua Amerika khususnya daerah tropis. Tembelekan tergolong famili Verbenaceae. Tinggi pohonnya berkisar antara 0,5-4 meter. Tembelekan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 1.700 mdpl.

0 Response to "5 Jenis Gulma yang Mengganggu Kelapa Sawit"

Posting Komentar