Rahasia! Ini 4 Kegunaan Cangkang Kelapa Sawit

Apakah kegunaan dari cangkang kelapa sawit? Pengolahan minyak kelapa sawit seringkali menimbulkan limbah berupa cangkang-cangkang buah. Cangkang atau tempurung kelapa sawit ini merupakan bagian dari buah yang paling keras. Ketersediaan cangkang sawit yang sangat banyak di wilayah industri sebenarnya bisa dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.
Kali ini kami akan mengulas seputar kegunaan-kegunaan yang tersembunyi dari cangkang kelapa sawit!
1. Bahan Bakar Boiler
Boiler adalah alat yang biasa digunakan di pabrik kelapa sawit yang berguna untuk mengubah air menjadi uap air. Tekanan yang dihasilkan oleh uap ini nantinya digunakan untuk memutar turbin dan mengoperasikan semua mesin yang berbasis uap. Cangkang kelapa sawit paling sering dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler. Selain gratis tentunya, cangkang sawit mampu menghasilkan api yang memiliki tingkat kepanasan yang tinggi.

2. Bahan Baku Arang
Arang dari cangkang kelapa sawit biasa disebut dengan istilah charcoal. Kualitas charcoal terbilang lebih tinggi daripada arang kayu lantaran kandungan lignoselulosa di tempurung sawit. Berat jenisnya pun lebih tinggi ketimbang kayu yakni mencapai 1,4 gram/mL. Rata-rata tingkat energi panas yang dapat dihasilkan oleh arang sawit sebesar 20.093 kJ/Kg.
3. Campuran Pakan Ternak
Cangkang kelapa sawit juga bisa dijadikan campuran pakan ternak. Bahkan ada penambahan tempurung ini dapat mempercepat tingkat pertumbuhan binatang-binatang ternak seperti ayam, bebek, ikan, kambing, dan sapi. Tentu saja sebelum diberikan kepada hewan ternak, cangkang-cangkang ini harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu agar aman dan mudah dimakan binatang.
4. Bahan Pengeras Jalan
Di daerah-daerah penghasil kelapa sawit, anda bisa menemukan jalan yang dilapisi cangkang kelapa sawit dengan mudah. Cangkang dianggap memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan aspal dengan tingkat kekuatan yang tak kalah keras. Akhirnya, banyaknya stok cangkang sawit mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai pelapis jalan.

0 Response to "Rahasia! Ini 4 Kegunaan Cangkang Kelapa Sawit"

Posting Komentar