Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit

Ingin tahu apa sajakah syarat tumbuh tanaman kelapa sawit yang lengkap? Pemahaman anda tentang karakteristik kelapa sawit yang tepat akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan budidaya yang dilakukan. Salah satu poin pentingnya yaitu mengenali syarat-syarat yang menentukan kelapa sawit bisa tumbuh dengan subur.
Pada dasarnya, kelapa sawit termasuk tanaman yang gampang sekali hidup. Cuma sebagai tanaman budidaya, kelapa sawit harus mempunyai produktifitas yang tinggi. Nah, di bawah ini merupakan syarat-syarat yang menentukan pertumbuhan kelapa sawit secara lengkap :

Kondisi Lingkungan
Paling baik, kelapa sawit dipelihara di daerah yang memiliki ketinggian 1 hingga 500 meter dpl. Di tempat seperti ini suhu udaranya sekitar 24-28 derajat C dengan tingkat kelembaban mencapai 80-90 persen. Pergerakan udara yang berkecepatan 5-6 km/jam juga sangat membantu terjadinya penyerbukan bunga kelapa sawit secara alami.
Intensitas Cahaya
Kelapa sawit membutuhkan cahaya dalam intensitas yang besar. Rata-rata per harinya, tanaman ini perlu mendapatkan penyinaran matahari secara langsung selama 5-7 jam. Jadi perhatikan jarak tanam bibit kelapa sawit minimal 9 x 9 meter agar tanaman tetap bisa mendapatkan cahaya yang cukup ketika tumbuh besar.
Curah Hujan
Kelapa sawit cenderung menyukai daerah-daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Tanaman ini akan berbuah lebih lebat saat dibudidayakan di tempat yang mempunyai curah hujan mencapai 1.500-4.000 mm/tahun. Kesimpulan ini didasarkan pada bukti di lapangan bahwa kelapa sawit yang ditanam di Papua sanggup memproduksi 28-30 pelepah/tahun, sedangkan kelapa sawit di Sumatera hanya bisa menghasilkan 26-28 pelepah/tahun.
Jenis Tanah
Untuk jenis tanah yang cocok dijadikan media tanam kelapa sawit di antaranya latosol, regosol, podzolik, aluvial, dan hidromorfik kelabu. Selain itu, tanah berjenis gambut saprik, dataran pantai, dan muara sungai juga cukup bagus untuk ditanami kelapa sawit. Di antara jenis-jenis tanah tersebut, tanah yang paling baik digunakan untuk membudidayakan kelapa sawit ialah podzolik. Kelapa-kelapa sawit yang dipelihara di tanah podzolik terbukti memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi ketimbang tanah berpasir dan tanah gambut.
Kadar Keasaman
Kelapa sawit bisa tumbuh dengan baik manakala ditanam di tanah yang subur, gembur, permukaannya datar, berdrainase lancar, dan mengandung lapisan solum tanpa lapisan padas. Kadar keasaman tanah yang paling bagus untuk mendukung pertumbuhan kelapa sawit yaitu pH 5,0-5,5. Untuk mendapatkan tingkat keasaman yang ideal ini anda bisa menaburkan kapur dolomit atau kieserite sampai didapatkan pH tanah yang pas.
Tingkat Kemiringan
Sebelumnya sudah disebutkan jika kelapa sawit menyukai lahan yang memiliki permukaan datar. Kalaupun miring, tingkat kemiringannya tidak boleh lebih dari 15 derajat. Pembuatan terasering pada lahan yang miring sangat dianjurkan guna menjaga keidealan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit.

0 Response to "Ini Dia Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit"

Posting Komentar