5 Tips Investasi Kelapa Sawit untuk Pemula

Bagaimana tips investasi kelapa sawit untuk pemula? Tahukah anda, berinvestasi pada tanaman kelapa sawit termasuk salah satu bentuk investasi yang relatif aman. Margin keuntungannya pun sangat tinggi, bahkan sampai berlipat-lipat ganda.
Pada prinsipnya, investasi kelapa sawit bertujuan untuk memperoleh profit yang maksimal dari kebun kelapa sawit yang diinvestasikan. Keuntungan didapatkan dari hasil penjualan kelapa sawit dikurangi biaya produksi yang dikeluarkan. Karena harga per kg kelapa sawit sudah ditentukan oleh pemerintah, jadi penambahan keuntungan hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah hasil panen dan mengurangi biaya produksi seefektif mungkin.

Catat tips-tips berinvestasi emas cair alias kelapa sawit berikut ini :
1. Tentukan Tujuan Anda Berinvestasi
Apakah tujuan sebenarnya anda berinvestasi dengan kelapa sawit? Apakah untuk jangka pendek ataukah jangan panjang? Anda perlu memahami bahwa kedua bentuk investasi ini sama-sama menawarkan keuntungan yang berlimpah. Namun hal yang sebaliknya justru bisa menimpa anda apabila belum mengetahui seluk-beluk investasi kelapa sawit dengan benar.
2. Tentukan Jenis Investasi yang Sesuai
Secara umum, investasi kelapa sawit dapat dibedakan menjadi dua macam. Di antaranya yaitu investasi kebun produktif dan investasi kebun dari TBM. Investasi kebun produktif cocok bagi anda yang mempunyai modal cukup besar dan ingin mendapatkan profit yang singkat. Sementara itu, investasi kebun dari TBM sebaiknya dipilih jika anda senang bermain dengan proses.
2. Persiapkan Dana Investasi
Mempersiapkan dana investasi kelapa sawit harus dilakukan secara cermat dan tidak sembarangan. Pasalnya, faktor ini merupakan poin yang paling penting dan berpengaruh besar terhadap keberhasilan investasi. Diperlukan juga perhitungan secara matang terkait hal-hal yang dibutuhkan selama proses produksi kelapa sawit berlangsung. Apalagi jika anda bekerjasama dengan pihak lain, jangan sampai anda mengecewakan rekan investasi anda.
4. Kerjakan Managemen dengan Bagus
Yang dimaksud managemen investasi ialah pengaturan kerja di lapangan. Hal ini meliputi kebutuhan tenaga kerja, biaya produksi, dan pemeliharaan tanaman. Tidak lupa penjualan hasil kebun wajib dikelola dengan bagus pula.
5. Dapatkan Mentor yang Profesional
Untuk mencapai tujuan investasi kelapa sawit, anda tidak bisa berjalan sendirian. Anda membutuhkan mentor-mentor yang akan menuntun dan membantu jalannya investasi. Ingat, selalu cari mentor yang profesional dan saling pengertian.

0 Response to "5 Tips Investasi Kelapa Sawit untuk Pemula"

Posting Komentar