4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit yang Terganas

Apa sajakah jenis-jenis penyakit tanaman kelapa sawit yang paling ganas? Membudidayakan kelapa sawit memang menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Namun tanaman-tanaman ini berpotensi mati jika terserang penyakit yang berbahaya dan tidak diatasi sesegera mungkin.
Setidaknya terdapat empat jenis penyakit yang kerapkali menyerang kelapa sawit dan bersifat sangat membahayakan. Di antaranya yaitu penyakit daun menguning, penyakit cincin merah, penyakit layu fusarium, dan penyakit busuk pucuk. Nah berikut ini adalah penjelasan dari kami tentang masing-masing penyakit tersebut selengkapnya :

Penyakit Daun Menguning
Penyakit daun menguning yang menyerang kelapa sawit biasanya disebabkan oleh potyvirus. Penyakit ini ditandai dari layunya daun hingga berubah menjadi kecoklat-coklatan dan mengering. Selanjutnya, tanaman akan menunjukkan gejala klorosis yang berbentuk cincin. Gejala-gejala yang lainnya seperti mosaic stripe yakni belang-belang berkelir hijau dan kuning di beberapa bagian tanaman sawit.
Penyakit Cincin Merah
Penyakit cincin merah atau yang disebut juga red ring disease merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi kelapa sawit. Bagaimana tidak, tanaman yang terjangkiti penyakit ini akan langsung mati hanya dalam beberapa bulan. Tanda-tandanya bisa diketahui pada daun yang tumbuh semakin mengecil. Nampak juga bercak-bercak berwarna kuning sampai jingga di petiol dan daun tombak. Penyakit ini dinamakan cincin merah karena munculnya cincin-cincin berkelir merah di batang tanaman, meskipun tidak selalu. Bintik-bintik hitam yang membentuk pola cincin tersebar di sepanjang batang sawit. Penyakit cincin merah disebabkan oleh Bursaphelenchus cocophilus yang ditularkan melalui kumbang Rhynchophorus.
Penyakit Layu Fusarium
Marchitez disease atau penyakit layu fusarium diakibatkan oleh aktifitas Fusariumoxysporumf sp elaeidis, yakni sejenis patogen viskular. Penyakit ini umumnya menyerang pelepah daun yang masih muda sehingga terlihat menguning dan mengering. Menurut laporan, penyakit layu fusarium ini paling banyak menyerang kelapa-kelapa sawit di Afrika dan Amerika Selatan.
Penyakit Busuk Pucuk
Penyakit busuk pucuk ialah penyakit yang menjangkiti pucuk daun dari kelapa sawit. Apabila terserang, pucuk tanaman akan mengering dan berbau busuk ketika dipotong. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman-tanaman yang akan memasuki masa berbuah dan pasca-panen. Penyakit busuk pucuk merupakan penyakit sawit yang sangat berbahaya karena dapat menyebar secara cepat, khususnya bila serangan telah menjangkiti titik tumbuh sawit. Adapun penyebab utama dari penyakit busuk pucuk pada tanaman kelapa sawit ialah Phytophthora palmivora.

0 Response to "4 Jenis Penyakit Tanaman Kelapa Sawit yang Terganas"

Posting Komentar