Ini Dia Manfaat dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

Apakah manfaat dan kegunaan dari kelapa sawit? Kelapa sawit adalah tanaman budidaya yang dapat diolah buahnya menjadi minyak. Tapi tahukah anda kalau minyak kelapa sawit bisa dibuat menjadi berbagai macam produk pangan, kosmetik, obat-obatan, dan industri?

manfaat-dan-kegunaan-kelapa-sawit.jpg

Produk-produk dari Kelapa Sawit

Pada dasarnya, minyak kelapa sawit bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu CPO (Crude Palm Oil) dan PKO (Palm Kernel Oil). CPO (Crude Palm Oil) yaitu minyak yang dibuat dari daging buah (mesocarp) kelapa sawit dan bersifat kasar. Sedangkan PKO (Palm Kernel Oil) adalah minyak yang dibuat dari inti buah (kernel) kelapa sawit sehingga menyerupai minyak kelapa (coconut oil). Dari kedua macam minyak kelapa sawit tersebut selanjutnya akan diolah di pabrik refineri dan akstraksi menjadi bermacam-macam minyak kelapa sawit yang ditujukan untuk pembuatan produk tertentu seperti bahan makanan, kosmetik, obat-obatan, industri, dan sebagainya.

1. Minyak Kelapa Sawit Sebagai Bahan Makanan

Baik minyak kelapa sawit jenis CPO ataupun PKO, keduanya dapat diolah menjadi bahan makanan. Di antaranya minyak goreng, mentega, dan asam lemak nabati. Terdapat lima tahapan yang setidaknya harus dilakukan untuk mengubah minyak mentah menjadi minyak konsumsi dimulai dari fractionating, hydrogenation, refining, bleaching dan deodozing.

2. Minyak Kelapa Sawit Sebagai Bahan Adiktif

Bahan adiktif adalah bahan yang digunakan untuk membantu terbentuknya suatu produk yang diinginkan. Sebagai bahan adiktif, minyak kelapa sawit biasanya digunakan untuk pembuatan es krim, cokelat, vanaspati, dan pakan ternak. Tak hanya itu, minyak dari kelapa sawit juga seringkali dijadikan sebagai bahan penolong dalam pembuatan minyak pelumas, dempul, penyamak kulit, perekat insektisida, dan tinta cetak.

3. Minyak Kelapa Sawit Sebagai Kosmetik

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalam minyak kelapa sawit mendorong produsen kosmetik mengembangkan produk-produk yang terbuat dari bahan ini. Perlu diketahui bahwa minyak dari kelapa sawit ini merupakan bahan yang mengandung vitamin E berupa tocopherol dan tocotrienol yang terbilang tinggi. Beberapa contoh produk yang umumnya menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku ialah cream, lotion, shampo, dan pomade.

4. Minyak Kelapa Sawit Sebagai Obat

Dalam dunia obat-obatan, minyak kelapa sawit banyak digunakan untuk membuat produk-produk perawatan tubuh. Bahkan baru-baru ini dibuktikan jika minyak kelapa sawit mempunyai kandungan senyawa dan zat antioksidan yang mampu mencegah pembelahan sel tidak sempurna pada penyakit kanker.

5. Minyak Kelapa Sawit Sebagai Industri

Di dalam dunia industri berat dan ringan, minyak kelapa sawit merupakan bahan baku yang teramat penting. Ada banyak sekali produk yang memakai minyak ini sebagai bahan dasar pembuatannya. Minyak kelapa sawit bisa digunakan untuk membuat oleochemical dasar dan oleochemical turunan. Beberapa produk turunan minyak kelapa sawit antara lain fatty acid, fatty amines, fatty alcohol, fatty ester, glycerol, methyl etilene, dan opoksi compound.

0 Response to "Ini Dia Manfaat dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit"

Poskan Komentar